PATRIOT BANGSA PATUH PROKES

Admin    31 Mei 2021    285

Artikel Patriot Bangsa ATC - PATRIOT BANGSA PATUH PROKES

PENEGAKAN DISIPLIN PROTOKOL KESEHATAN DI LINGKUNGAN

PATRIOT BANGSA YOGYAKARTA

 

Pandemi COVID-19 yang sedang melanda dunia mendorong masyarakat untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan. Berdasarkan data dari laman pemerintah mengenai COVID-19, hingga sekarang (13/03), sudah lebih dari 1,4 juta jiwa yang terserang wabah COVID-19. Wabah yang tidak hanya menimbulkan korban jiwa namun juga mempengaruhi kegiatan di berbagai bidang, termasuk bidang pendidikan. Kehidupan sudah mulai berjalan normal lagi, beberapa tempat sudah mulai dibuka kembali namun dengan peraturan baru yaitu harus selalu mematuhi protokol kesehatan.

Patriot Bangsa “Aviation Training Center” Yogyakarta juga turut melaksanakan protokol kesehatan yang ketat dalam menjalani kegiatan belajar mengajar. Beberapa protokol kesehatan yang dijalankan di Patriot Bangsa “Aviation Training Center” Yogyakarta  yang sudah dijalankan dari Bulan JUNI 2020 antara lain:

 

  1. Penyesuaian jam operasional pendidikan dan kantor

Jam operasional kantor yang semula buka dari jam 08.00 hingga 16.00 kini menjadi dari jam 08.00 hingga 14.00. Tidak hanya itu, penerapan sistem shift untuk karyawan juga dilakukan guna mencegah kerumunan dalam suatu ruangan dan untuk efektifitas pekerjaan.

 

  1. Wajib menggunakan masker

Penggunaan masker menjadi protokol utama dalam berkegiatan. Semua karyawan, siswa dan instruktur diwajibkan memakai masker selama berada di lingkungan kampus. Masker dengan bahan kain hanya boleh dipakai selama 4 jam saja, kemudian harus diganti dengan yang baru.

 

  1. Mencuci tangan sebelum masuk ruangan

Sebelum masuk ruangan, seluruh karyawan, siswa, intruktur dan tamu juga diwajibkan mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun yang sudah disediakan Patriot Bangsa “Aviation Training Center” Yogyakarta di depan kantor.

 

  1. Pengecekan suhu

Pengukuran suhu tubuh menggunakan thermogun oleh salah satu karyawan dilakukan sebelum memasuki ruangan. Suhu badan normal kurang dari 37? celcius. Jika lebih dari angka tersebut maka tidak diperkenankan untuk masuk ruangan.

 

  1. Pembatasan kapasitas orang dalam ruangan

Kapasitas ruangan yang dipakai saat ini hanya 50% dari kapasitas awal. Siswa yang akan mengikuti pendidikan materi dikelas dibatasi jumlahnya dan masuk secara bergiliran.

 

  1. Saling menjaga jarak

Menjaga jarak juga hal yang utama. Hal ini dilakukan untuk menerapkan physical distancing untuk menghindari penularan dari media air liur. Pengaturan meja dan kursi yang tidak terlalu dekat juga menjadi protokol kesehatan yang dijalankan di Patriot Bangsa “Aviation Training Center” Yogyakarta.

 

  1. Sterilisasi ruangan

Setelah ruangan selesai digunakan, dilakukan strelisasi ruangan dengan menyemprotkan cairan disinfektan dan ditunggu sebelum akan digunakan kembali.

 

Tujuan dari penerapan protokol kesehatan ini adalah untuk menjaga kesehatan dan keselamatan masyarakat agar dalam menjalankan kegiatan merasa aman. Tidak hanya menerapkan protokol kesehatan, namun juga perlu edukasi mengenai pandemi COVID-19.  Peran serta seluruh masyarakat sangat dibutuhkan guna menjaga kedisiplinan protokol kesehatan.

Oleh: Arinda Eka Safitri

Sumber:

Covid.go.id last update 13-03-2021 pukul 10.45

 WhatsApp